Senin, 17 Juni 2013

Sejarah merah putih



Sejarah Merah Putih

Penggunaan dari arti warna merah dan putih dibumi Nusantara pada masa itu terdapat di dataran Asia Tenggara sekitar 600 tahun yang lalu pada jaman menganggap matahari dan bulan sebagai bendera langit yang sangat penting dalam perjalanan hidup manusia, bendera tersebut dijadikan sebagai pnghormatan serta pemujaan yang disebut SuryaCandra.
Bangsa Indonesia purba menghubungkan matahari dan bulan iistilah merah dan putih yang melambangkan Hakekat Kehidupan.
                             Merah :melambangkan darah.
                             Putih     : Melambangkan getah artinya tumbuhan yang masih hidup.
Berdasarkan anggapan tersebut di pahami apa sebab suatu lambang perjuangan bangsa indonesia yaitu merah putih .
Penggunaan merah putih di jaman kerajaan sebagai simbol dan ciri dari kekuasaan yang  sering di sebut umbul-umbul kerajaan dan dalam keraton solo juga terdapat panjil peninggalan kiyai ageng tarub keturnan Raja majapahit panji tersebut berupa kain bendera yang bertulisan gula kelapa dan gula merah yang berarti suci dan pemberani.
Empu prapanca dalam kitab Negrokertogomo yang mencerikan tentang di gunakan warna merah putih dalam upacara kebesaran kerajaan, dan dalam kitab tambo di minang kabau dari dulu samapai sekarang masih sering di kibarkan bendera berwarna merah putih hitam, Bendera itu merupakan pusaka peninggalan jaman kerajaan melayu minangkabau.
-  Merah            : Berarti warna hulubang
-  Putih               : Berarti Agama ata alim ulama
-  Hitam             : Berarti Adat minang kabau .
Pada jaman perang di ponorogo juga terlihat kibaran merah putih baik di lereng gunung maupun desa-desa yang dipim pin oleh pangeran di ponogoro.
Arti bendera tersebut kini menjadi lebih tinggi dari sekedar simbol dan ciri. Sejak tahun 1945 dalam pasal 35 UUD 1945 Bab 15 di tuliskan Bahwa Bendera ukuran 3 : 2. Bendera Negara Indonesia Merah Putih karena satu-satunya Bendera Nasional dan Indonesia sebagai Negara kesatuan.Dulu sering  juga warna merah putih sering di pakai dalam berbagai upacara dan selametan, sedangkan arti kiasan Bendera Bangsa Indonesia adalah:
                             -   Berani              : Berani
-   Putih                 : Suci
Yang melambangkan Bahwa Bangsa Indonesia pemberani dan berarti suci dengan kata lain Bangsa Indonesia selalu berani memperjuangkan kebenaran dan takut karena salah.



*MERAH PUTIH DIBUMI MERDEKA*

Pada tanggal 17 agustus 1945 Bung Karno dan Bung Hatta atas nama bangsa Indonesia memproklamasikan kemerdekaan. Bendera pusaka sang merah putih pertama kali dikibarkan di jalan Pegangsaan Timur No.64 Jakarta. Bendera pusakan di jahit oleh Ibu Fatmawati dengan menggunakan tangan 300 rajutan terbuat dari kain sutra yang berasal dari Sulawesi Selatan dengan ukuran 2:3 atau 78.5 x  119.7 m².
1.              Penegak               : Latif Hendra Ningrat
2.              Pembawa            : Dewi Sri Murti
3.              Pembentang      : Aries Suhud
Manfaat mengadakan upacara bendera yang rutin dilaksanakan setip hari senin yaitu:
-            Menanamkan kedisiplinan
-            Bangga sebagai putra dan putri Indonesia.
-            Menanamkan rasa bela negara serta mengenang jasa-jasa para pahlawan kita yang telah gugur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar